Siswa Perlu Dibekali Keterampilan Berenang

Bagi sebagian anak-anak bermain air merupakan kegiatan yang mengasyikkan. Demikian juga bagi anak seusia SMP bermain air juga merupakan kegiatan yang disukai apalagi ada target bisa menaklukkan air karena terampil berenang. Didukung oleh lokasi berenang yang indah dan sumber airnya yang bersih dan mengalir terus menerus. Akhirnya kegiatan berenang menjadikan even yang selalu dirindukan dan dinantikan oleh para siswa.

Keterampilan berenang merupakan hal yang penting diajarkan kepada siswa, karena selain bagian dari sunah nabi yang punya keutamaan dari segi agama, skill berenenang juga benar-benar dibutuhkan dalam kehidupan. Maka tidak salah jika sekolah dan orang tua memahami bersama dan menyepakati serta mendukung kegiatan tersebut, tak lain dan tak bukan adalah untuk kebaikan anak didik dan putra putrinya di masa mendatang.

Kegiatan berenang ini sudah pasti menimbulkan konsekuensi yang perlu ditanggung bersama oleh orang tua maupun oleh pihak sekolah. Dari pihak orang tua harus siap memberikan transport tambahan bagi putera-puterinya untuk mencapai lokasi di luar sekolah, demikian juga tiket masuk siswa menjadi tanggung jawab orang tua. Sementara dari pihak sekolah harus menyiapkan transport dan tiket bagi pendamping dan pelatih. Demi keselamatan siswa maka tidak mungkin sekolah hanya memberikan seorang pelatih dan seorang pendamping saja. Namun, kesepahaman antara pihak orang tua dan sekolah bisa menjadikan kegiatan ini bisa berjalan.

Waktu pelaksanaan program renang ini juga tidak memungkinkan menggunakan jam efektif. Mau tidak mau kegiatan harus dilaksanakan setelah kegiatan belajar mengajar selesai (sore hari) atau menggunakan hari libur (ahad). Dalam hal ini tentu muncul konsekuensi baru untuk siswa dan guru karena kegiatan tersebut sudah dilaksanakan di luar jam pembelajaran. Dalam hal ini kerjasama antara sekolah dan orang tua menjembatani terselenggaranya kegiatan tersebut tetap berjalan dengan baik.

Harapannya program ini dapat berlangsung secara berkelanjutan sehingga berdampak bagi siswa, baik untuk kemampuan pribadinya maupun untuk persiapan berkompetisi. Keterlibatan orang tua dalam membantu sekolah termasuk di dalamnya terlibat dalam mendampingi dan melatih lebih mempercepat harapan munculnya dampak positif atas program sekolah yang didukung sepenuhnya oleh orang tua.